InformasiTeknologi

Dasar-Dasar Router

Router adalah perangkat komputer yang menerima atau meneruskan paket data ke dan dari Internet menuju tujuan dalam proses yang disebut routing. Router adalah komponen penting jaringan komputer yang memungkinkan data yang dikirim untuk tiba di tempat yang tepat.

Sebagai ilustrasi, bayangkan bahwa Internet adalah dunia dan satu komputer adalah satu rumah tangga. Komputer lain yang terhubung melalui Internet adalah rumah tangga di seluruh dunia. Katakanlah satu rumah tangga akan mengirim surat kepada rumah tangga lain di setiap bagian dari dunia. Surat itu punya alamatnya kan? Dan alamat itu akan menentukan tujuan surat itu. Tapi tanpa satu membaca alamat, surat tidak akan tiba ke penerima yang tepat. Surat juga tidak akan mampu untuk mencapai penerima yang dimaksudkan Jika tidak ada medium. Media ini pasti kurirnya. Dan kurir data komputer adalah router.

Suatu router (router broadband) juga suatu perangkat yang mengaktifkan dua atau lebih komputer untuk menerima paket data dari Internet di bawah satu alamat IP sekaligus.

Ingat bahwa untuk dapat terhubung ke Internet, komputer harus memiliki alamat IP yang unik dari seluruh komputer. Oleh karena itu, setiap komputer yang terhubung ke Internet memiliki alamat IP sendiri. Hal ini seperti memiliki sidik jari atau ID sebagai akses untuk dapat memasuki web. Dengan adanya router, ini” sidik jari “atau” ID ” dapat dibagikan oleh dua atau lebih komputer pada saat yang sama.

Dalam bentuk sederhana, router membuat dua atau lebih Komputer Menggunakan Internet pada sama dengan satu akses pass.

Satu hal lagi: komputer dengan kabel modem juga dapat dianggap sebagai router. Dalam hal ini, komputer akan melakukan proses routing seperti router biasa lakukan. Komputer lain kemudian terhubung ke komputer dengan koneksi Internet yang akan memberikannya dengan koneksi Internet. Komputer dengan modem kabel memiliki kontak langsung dengan Internet dan yang terhubung dengannya berbagi sambungan.

Kenapa ada yang butuh router?

Untuk rumah tangga dengan dua atau lebih komputer yang ingin memiliki koneksi Internet untuk setiap komputer yang mereka miliki, mengambil berlangganan untuk masing-masing akan terlalu banyak. Solusinya adalah untuk membeli router yang akan mengaktifkan setiap komputer di rumah untuk memiliki koneksi Internet. Dalam definisi di atas, router broadband akan bertindak sebagai hub ke koneksi Internet yang ada.

Jika router itu sebanding dengan hub, apakah itu akan mempengaruhi kecepatan Internet?

Ini harus dipertimbangkan bahwa sekali koneksi Internet dibagi, kecepatan sambungan terpengaruh. Tapi ada beberapa router broadband yang akan membawa sedikit perlambatan ke kecepatan Internet dan efeknya mungkin tidak besar.

Kecepatan Internet juga bergantung pada tipe aplikasi yang digunakan dalam suatu router. Sementara beberapa orang akan menimbulkan efek kecil pada kecepatan seperti game online, yang lain akan sangat memperlambat koneksi Anda dan bahkan menghambat Anda untuk menggunakan Internet sama sekali.

Biasanya kantor menggunakan router yang lebih canggih untuk mengarahkan koneksi Internet ke sejumlah besar komputer. Router ini akan memberikan pem Pack data yang lebih baik dibandingkan dengan router biasa yang digunakan di rumah yang menghasilkan kecepatan Internet lebih cepat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button