InformasiTeknologiTips & Trik

Tips Mengatasi HP Android yang Lemot Kembali Ngebut

Smartphone lemot sering sekali membuat pengguna kesal, ponsel yang lemot menjadi salah satu penghambat aktivitas sehari – hari pengguna. Kasus seperti ini sering dijumpai dari pengguna Smartphone murah hingga mahal. Apasih Solusi HP lemot ?

Terdapat banyak solusi untuk anda dalam mengatasi ponsel yang sudah lemot khususnya bagi pengguna sistem operasi android.

Berikut beberapa solusi atau tips dari Miyanimo untuk anda, dalam mengatasi smartphone android yang sudah lemot :

      1. Hapus aplikasi tidak penting

Salah satu penyebab dari Hp atau smartphone anda lemot adalah banyaknya aplikasi yang tidak terlalu penting yang anda install. Banyaknya aplikasi yang anda install terutama yang memiliki ukuran yang besar dapat membuat ponsel anda menjadi lambat. Ukuran dan banyaknya aplikasi yang sudah terinstall dapat menghabiskan memori dalam smartphone anda, agar kinerja ponsel anda kembali maksimal sebaiknya hapus atau uninstall aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan

 

       2. Melakukan pembersihan secara berkala

Tips selanjutya dari Miyanimo yaitu dengan melakukan pembersihan cache secara berkala di ponsel masing – masing. Cache merupakan data sementara yang disimpan di setiap ponsel ketika pengguna menggunakan suatu aplikasi. Cache sendiri memiliki keuntungan yaitu ketika pengguna membuka suatu aplikasi maka aplikasi tersebut dapat cepat terbuka namun apabila cache tersebut dibiarkan menumpuk akan memperlambat kinerja ponsel anda.

 

       3. Hindari pemakaian internal memory berlebih

Setiap ponsel memiliki kapasitas memori dan RAM yang berbeda, salah satu faktor penyebab Hp anda lemot bisa jadi disebabkan dengan penuhnya memori.  Dengan penuhnya memori akan menurunkan pefroma dari smartphone anda, untuk menghindari hal tersebut bisa menggunakan memori eksternal tambahan apabila ponsel anda memiliki tambahan kartu memori atau anda dapat membeli ponsel dengan internal memori yang memiliki internal memori yang besar.

 

      4. Mematikan aplikasi tidak terpakai yang berjalan di background

Ada kalanya aplikasi yang ada didalam ponsel anda tidak dapat dihapus, namun jangan khawatir anda dapat mengehentikan aplikasi tersebut tanpa perlu menghapusnya. Dengan mematikan aplikasi yang tidak terpakai anda dapat mengurangi kinerja dari RAM smartphone anda dan membuat kinerja smartphone anda membaik.

 

 

      5. Lakukan factory reset

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan kinerja ponsel anda dapat dilakukannya factory reset, sesuai dengan namanya factory reset bertujuan untuk mengembalikan data ponsel anda tepat setelah anda membeli ponsel tersebut. Fungsi dari factory reset tersebut digunakan untuk menghapus data yang menumpuk yang ada didalam ponsel, namun perlu diingat untuk melakukan factory reset anda perlu melakukan backup atau mengamankan data anda terlebih dahulu ditempat penyimpanan lainnya.

 

 

 

 

 

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button