Cara mengobati kanker pangkreas yang patut anda ketahui.

alodokter.com).jpeg

Sumber : Alodocter.com

Kanker pangkreas adalah sebuah kondisi medis dimana tumor tumbuh secara tidak terkendali di dalam pangkreas. Nah, pangkreas ini sebuah kelenjar besar yang menjadi salah satu bagian system pencernaan dan memiliki panjang sekitar 15 cm. Kanker ini dapat diderita oleh pria maupun wanita, dan umumnya pada orang-orang yang sudah berusia lanjut atau di atas 75.

Dalam kanker pangkreas, terdapat factor-faktor penentu jenis pengobatan, sebagai berikut.

  1. Bagian pangkreas yang terkena kanker
  2. Luas penyebaran kanker
  3. Usia pasien
  4. Kesehatan pasien secara menyeluruh
  5. Pilihan perawatan pasien

Tujuan pengobatan kanker pangkreas ini dilakukan untuk mengangkat tumor dan sel kanker lainnya di dalam tubuh. Akan tetapi, jika kanker sudah parah, maka dokter memberikan pengobatan untuk mencegah tumor agar tidak membesar. Berikut ini beberapa cara mengobati kanker pangkreas.

  1. Operasi

Pengobatan ini paling banyak dilakukan karena memang benar-benar mampu menyelesaikan masalah dan membuat penderitanya sembuh total. Namun, tak semua penderita dapat melakukan operasi pengangkatan tumor. Dari 5pasien hanya 1 di antaranya yang dapat melakukan operasi ini. pun juga ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan operasi pengangkatan tumor, yaitu:

  1. Bagian tubuh yang lain belum terkena tumor
  2. Daerah sekitar pembuluh darah penting tidak ditumbuhi tumor
  3. Pasien memiliki kesehatan yang baik secara menyeluruh

Nah, ada beberapa jenis operasi kanker pangkreas.

  1. Operasi whipple

Operasi ini bertujuan untuk mengangkat kepala pangkreas. Menurut halodoc bahwa dalam operasi ini dokter juga mengangkat bagian pertama usus kecil, kantong empedu, dan terkadang sebagian dari lambung. Sekitar 30% pasien yang menjalani operasi ini memerlukan obat enzim untuk membantu mencerna makanan. Operasi ini memiliki jangka waktu pemulihan yang lebih cepat dibandingkan dengan operasi pengangkatan pankreas total.

  1. Operasi pancreatectomy total.

Operasi ini bertujuan untuk mengangkat seluruh pankreas. Menurut alodocter operasi pankreas ini juga mengangkat organ limpa, saluran empedu, sebagian susu kecil, kantong empedu,kelenjar getah bening sekitar pankreas, dan terkadang sebagian dari lambung.

Jika organ pankreas yang berfungsi untuk memproduksi insulin diangkat, hal ini dapat membuat pasien menderita diabetes. Setelah melakukan operasi ini, pasien perlu mengonsumsi enzim untuk membantu mencerna makanan dan juga mengkonsumsi antibiotic penisilin seumur hidup dan vaksinasi secara rutin untuk pencegahan terkena infeksi dan penggumpalan darah akibat pengangkatan organ limpa.

  1. Operasi pancreatectomy distal

Operasi ini bertujuan untuk mengangkat bagian tubuh dan ekor pangkreas tapi menyisakan kepala pangkreas. Dalam pembedahan ini juga mengangkat sebagian lambung, sebagian usus besar, ginjal sebelah kiri, kelenjar adrenal bagian kiri, dan mungkin juga diafragma bagian kiri.

  1. Kemoterapi

Cara pengobatan kali ini bertujuan untuk menghancurkan sel kanker ganas dan mencegah pertumbuhannya. Kemoterapi dapat anda lakukan setelah atau sebelum operasi, atau jika operasi tidak bisa dilakukan. 

Dalam kemoterapi ada dua bentuk obat, yaitu yang di salurkan melalui infus dan yang dikonsumsi secara langsung.

Pada dasarnya kemoterapi memiliki banyak efek samping yang dapat menyerang sel-sel yang sehat dan normal. Efek sampingnya antara lain adalah sariawan, mual, letih, muntah. Di samping itu kemoterapi juga bisa meningkatkan resiko terkena infeksi. Efek samping ini hanya bersifat sementara dan akan mereda begitu pengobatan selesai dilakukan.

  1. Radioterapi

Pengobatan yang dilakukan dengan sinar radiasi tinggi ini memiliki tujuan untuk memperkecil tumor dan meredakan rasa sakit yang dialami oleh pasien. Hal ini disarankan bagi pasien yang tidak dapat melakukan operasi. Selain itu dokter juga menyarankan pasien untuk kemoterapi.

Seperti halnya kemoterapi, radioterapi juga memiliki efek samping, seperti mual, muntah, letih, diare, hilangnya nafsu makan, dan ruam kulit. Efek samping ini juga hanya sementara seperti halnya efek samping kemoterapi dan akan mereda setelah pengobatan selesai.

Berikut tadi ulasan mengenai cara mengobati kanker pangkreas. Semoga bermanfaat bagi anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>